Apakah Benar Olahraga Sepeda Membakar Kalori? Yuk Simak Penjelasannya

Bersepeda adalah salah satu jenis olahraga yang banyak disukai oleh sebagian orang. Hal tersebut karena bersepeda tidak hanya sebagai media untuk berolahraga saja, tapi juga sebagai media bermain atau rekreasi. Bahkan dengan olahraga sepeda dapat meningkatkan mood kalian loh. ​

Bersepeda memang mempunyai banyak manfaat, bahkan manfaat yang paling banyak dicari oleh sebagian orang yaitu untuk membakar kalori. Benarkah bersepeda dapat membakar kalori? Untuk penjelasannya dapat kalian simak pada ulasan kami berikut ini.

Sebagian orang berfikir bahwa untuk menurunkan berat badan atau diet yaitu dengan cara yang ekstrim dan susah. Namun, ternyata pernyataan tersebut dapat terbatahkan, karena ternyata terdapat olahraga santai namun dapat membakar kalori dengan maksimal. Olahraga tersebut adalah olahraga sepeda, lalu bagaimana cara agar dengan bersepeda dapat membakar kalori Anda secara maksimal?

Diet dengan Cara Olahraga Sepeda yang Baik dan Benar

Sesuai dengan hasil penelitian The Compendium of Physical Activities Tracking Guide dari laman Reader’s Digest menyatakan bahwa bersepeda dengan kecepatan tertentuk dapat banyak membakar kalori. Inilah kalori yang akan Anda bakar jika menggunakan sepeda dengan kecepatan di bawah ini:

  1. Kecepatan kurang dari 16km/jam dapat membakar kalori sebanyak 272 kalori setiap jamnya. Dengan kecepatan ini Anda dapat berkendara sepeda secara santai, maka terbuktikan untuk membakar kalori tidak hanya melakukan olahraga yang berat saja?
  2. Kecepatan sebesar 16 sampai 19km/jam dapat membakar kalori sebanyak 408 kalori. Semakin cepat Anda mengayuh sepeda maka semakin banyak pula kalori yang akan Anda bakar.
  3. Kecepatan sebesar 19 sampai 22km/jam akan membakar 544 kalori, jika kalian menginginkan hasil yang lebih maksimal maka dapat meningkatkan kecepatan sedikit demi sedikit.
  4. Kecepatan sebesar 22 sampai 26km/jam akan membakar kalori sebanyak 680 kalori selama satu jam. Sangat efektif bukan?
  5. Kecepatan sebesar 26 sampai 30km/jam dapat membakar kalori sebanyak 816 kalori. Apakah Anda sanggup olahraga sepeda dengan kecepatan ini?
  6. Lebih dari 30km/jam dengan kecepatan pembalap ini akan membakar sebanyak 1.088 kalori setiap jamnya. Untuk kecepatan yang satu ini tidak kami anjurkan untuk pemula ya.

Dari data di atas maka dapat kita simpulkan bahwa pembakaran kalori ditentukan oleh kecepatan kayuhan dan jarak yang Anda tempuh. Berapa kalori yang ingin Anda keluarkan dari tubuh Anda? data di atas dapat kalian jadikan sebagai panduan dalam bersepeda.

Namun, bagi para pemula yang ingin menurutkan berat badan kami sarankan agar menggunakan kecepatan terendah terlebih dahulu. Hal ini untuk mengetahui sejauh mana Anda dapat memaksimalkan olahraga bersepeda untuk membakar kalori.

Tips Olahraga Sepeda untuk Diet

Mengawali olahraga sepeda Anda tidak boleh langsung menggunakan kecepatan yang maksimal terlebih dahulu, karena hal tersebut akan membuat tubuh Anda semakin kelelahan. Selain itu melakukan olahraga tanpa pemanasan terlebih dahulu juga dapat mengakibatkan cidera. Untuk itu 30 menit sebelumnya Anda dapat bersepeda santai terlebih dahulu. Kemudian jika Anda sudah merasa nyaman, kecepatan dan waktu bersepeda dapat Anda tambah.

Bila Anda ingin membuang kalori secara maksimal maka Anda dapat melakukan latihan secara interval dengan menggunakan variasi medan dan kecepatan yang berbeda-beda baik itu tanjakan maupun turunan. Ketika berada pada tanjakan maka beban kayuhan akan semakin berat dan kalori akan terbakar lebih maksimal lagi. Dengan melakukannya secara rutin maka tubuh ideal bukan hanya impian lagi. Hayo siapa yang masih malas olahraga sepeda setelah membaca artikel ini? 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *