Daftar Profil Juara Tour de France dari Tahun 2012 Sampai 2019

Halo sobat pecinta olahraga khususnya balap sepeda! Pastinya ajang du Tour de France tidak asing lagi bagi kalian. Ya, ajang balap sepeda yang paling populer di dunia ini mampu menarik banyak perhatian, khususnya para pecinta olahraga sepeda. Kenapa ajang ini banyak menyita perhatian? Karena ajang lomba balap sepeda yang satu ini mempunyai jarak rute mencapai ribuan kilometer dan di lakukan selama tiga minggu. Maka terbanyang betapa besarnya ajang balap sepeda Tour de France yang dilakukan di Negara Perancis.

Daftar Profil Juara Tour de France

Lomba balap sepeda Tour de France sudah dilakukan sejak tahun 1903, awal mula adanya ide balap sepeda ini dari jurnalis koran L’Auto. Bahkan ide tersebut hanya digunakan untuk menarik perhatian dunia untuk membeli koran L’auto. Ide tersebut nyatanya membawakan hasil yang sangat besar dengan meningkatnya penjualan koran L’Auto.

Serta menjadi cikal bakal ajang balap sepeda terbesar di Dunia, bahkan sampai saat ini peserta perlombaan bisa mencapai 200 peserta. Dengan jumlah peserta yang banyak pastinya kalian penasaran siapa sih pemenang ajang balap Tour de France? Yuk simak profil para pemenang di bawah ini!

  • Egan Bernal (2019)

Juara ajang balap Tour de France pada tahun ini (2019) adalah Egan Bernal. Egan Bernal merupakan orang Kolombia pertama yang mampu mejuarai ajang Tour de France dan merupakan juara termuda. Pada tahun sebelumnya Egan Bernal hanya menduduki tikat 15 besar. Sedangkan pada tahun ini mampu mengalahkan Geraint Tomas dari Inggris yang merupakan juara Tour de France pada tahun sebelumnya (2018).

  • Geraint Tomas (2018)

Seperti yang telah kami singgung sebelumnya bahwa juara Tour de France pada tahun 2018 adalah Geraint Tomas. Geraint Tomas merupakan pembalap sepeda dari Team Sky dan merupakan seseorang dari Wales pertama yang memenangi ajang bergengsi tersebut. Keberhasilan Tomas mampu melanjutkan keperkasaan Team Sky yang sebelumnya mempunyai juara berturut-turut sebanyak tiga kali yaitu Chris Froome.

  • Chris Froome (2017, 2016, 2015 dan 2013)

Selanjutnya juara Tour de France paling fenomenal adalah Chris Froome yang merupakan pembalap dari Inggris pada Team Sky. Bagaimana tidak, pembalap yang satu ini dapat meraih kemenangan 3x berturut-turut pada tahun 2015 – 2017 dan 2013. Sehingga akumulasi kemenangan Chris Froome adalah sebanyak 4 kali kemenangan.

  • Vincenzo Nibali (2014)

Vincenzo Nibali merupakan pembalap dari Italia yang pada tahun 2014 menjuarai Tour de France. Pada saat kemenangannya Vincenzo Nibali berumur 29 tahun dan mampu merebut kaus kuning untuk pertama kalinya pada etape kedua. Meskipun pada Etape ke 9 harus kehilangan kausnya, namun 24 jam kemudian dia mampu merebut kaus tersebut kembali.

  • Bradley Wiggins (2012)

Pada tahun 2013 juara Tour de France dimenangkan oleh Chris Froome yang telah kami jelaskan sebelumnya. Sedangkan pada 2012 pemenangnya adalah Bradley Wiggins. Bradley Wiggins menjadi salah satu pembalap dari Inggris Raya yang mampu memenangkan Tour de France pada tahun tersebut (2012). Selain itu Bradley Wiggins merupakan pembalap dari Team Sky.

Itulah 5 pemenang ajang balap sepeda Tour de Frace pada tahun 2012 sampai tahun 2019, dari lima juara di atas mana yang termasuk idola kalian? Dan menurut kalian siapa yang akan menjadi juara pada ajang Tour de France tahun depan (2020)? Siapapun yang jadi juaranya pastinya ajang bergengsi ini akan menarik perhatian banyak orang.​

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *