Informasi Jumlah Kalori yang Terbakar Saat Bersepeda

Olahraga sepeda adalah sebuah kegiatan yang bisa membakar kalori yang ada dalam tubuh. Bahkan jumlah kalori yang terbakar saat bersepeda cukup besar. Meskipun anda hanya bersepeda di kompleks perumahan, namun bila usaha yang anda lakukan ketika bersepeda semakin besar, maka semakin besar pula kalori yang bisa dibakar.​

Jumlah Kalori yang Terbakar Saat Bersepeda

Beban kayuhan dan juga jarak yang ditempuh saat bersepeda menentukan proses pembakaran kalori dalam tubuh. Kayuhan bisa terasa semakin berat bila medan yang dilalui menanjak dan terjal. Atau ketika anda mengayuh sepeda dengan sangat cepat. Sementara itu, jarak yang ditempuh akan berpengaruh pada lamanya waktu bersepeda. Dengan demikian, semakin jauh jarak bersepeda, kalori yang terbakar juga semakin banyak.

Tidak seperti berlari yang hampir semua energinya terpakai dalam kecepatan, olahraga sepeda memiliki beberapa faktor yang mempengaruhi pembakaran kalori tubuh. Seperti aerodinamis, kecepatan putaran roda, rolling resistance dan lain sebagainya. Berikut ini adalah informasi jumlah kalori yang terbakar saat bersepeda.

Kalori yang Terbakar Saat Anda Olahraga Sepeda

Dilansir dari laman Reader’s Digest dari hasil penelitian The Compendium of Physical Activities Tracking Guide. Hal ini bisa memaparkan berapa besar kalori yang terbakar ketika anda bersepeda dengan menggunakan kecepatan tertentu:

  • Saat anda bersepeda dengan kecepatan 16 km/jam atau mengendarainya dengan santai, maka ini bisa membakar sebanyak 272 kalori setiap jamnya.
  • Ketika kecepatan kayuhan sepeda anda 16 hingga 19 km/jam, maka ini bisa membakar kalori dalam tubuh anda sebesar 408 kalori.
  • Kecepatan 19 sampai dengan 22 km/jam atau kategori bersepeda agak cepat bisa membakar kalori sebesar 544 kalori.
  • Kayuhan sepeda dengan kecepatan 22 hingga 26 km/jam atau sepeda cepat bisa membakar kalori 680 kalori per jam.
  • Bersepeda dengan kecepatan 26-30 km/jam atau mengayuh sepeda dengan sangat cepat bisa membakar kalori hingga 816 kalori. Sementara untuk bersepeda lebih dari 30 km/jam atau kecepatan balap sepeda bisa membakar kalori 1.088 kalori.

Bersepeda Untuk Pemula

Bila anda termasuk orang yang baru saja memulai olahraga sepeda ini, maka sebaiknya anda bersepeda santai dulu sekitar 30 menit. Jika anda sudah merasa nyaman, maka anda bisa menambah kecepatan dan waktu dalam bersepeda. Jika anda menginginkan lebih banyak kalori yang terbakar di tubuh anda, maka anda bisa berlatih interval menggunakan variasi kecepatan dan juga medan bersepeda. baik turunan atau tanjakan.

Saat anda rutin melakukan olahraga sepeda, maka anda bisa menjadi lebih bugar. Tubuh anda semakin fit karena banyak kalori yang terbakar saat bersepeda. Khususnya untuk menjaga kesehatan pernafasan dan jantung anda. Disamping memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, olahraga bersepeda juga dapat mengurangi polusi udara. Bahkan kegiatan ini juga dapat mengurangi arus kemacetan lalu lintas.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *