Ini Dia Informasi Tentang Rute Tour de France dan Giro d’Italia 2020

Beberapa waktu lalu baru saja di selenggrakan lomba balap sepeda Tour de France dan sudah berakhir. Tour de France diadakan setiap tahun dan pasalnya akan ada 2 lomba balap sepeda WorldTour yang akan diadakan tahun 2020 mendatang. Ya, lomba balap sepeda tersebut tidak lain adalah Tour de French dan juga Giro d’Italia 2020.

Kedua ajang lomba balap sepeda ini memang merupakan ajang lomba balap sepeda yang paling ditunggu-tunggu oleh para pembalap. Hingga saat ini semua calon peserta pembalap sepeda sedang berdebar menunggu pengumuman penting tentang rute Tour de France 2020 dan juga Giro d’Italia 2020.

Pengumuman mengenai rute Tour de France ataupun Giro d’Italia 2020 sangat ditunggu-tunggu oleh para pembalap agar mereka bisa menentukan program latihan di awal tahun 2020 mendatang. Bisanya rute L’etape du Tour de France dan Giro d’Italia akan diumumkan pada bulan oktober atau November tahun 2019 ini. Walaupun Tour de France akan dilaksanakan pada bulan Juli dan Giro d’Italia baru akan diselenggrakan bulan Mei.

Rute Tour de France dan Giro d’Italia 2020

Biasanya pengumuman mengenai rute Tour de France dan Giro d’Italia akan diumumkan secara bersamaan. Rute Tour de France akan diumumkan pada pertengahan bulan oktober, sedangkan Giro d’Italia diumumkan seminggu kemudian.

Rute Balap Sepeda Giro d’Italia 2020

Menurut hasil pengumuman tampaknya Giro d’Italia menonjolkan banyak rute Time Trial yang dibuka dengan TT pendek di Budapest dan Hungaria pada tanggal 9 Mei. Setelah itu, dilanjutkan dengan TT Panjang di tengah-tengah dan ditutup dengan TT lagi di kota Milan tepatnya pada tanggal 31 Mei 2020.

Sebelum etape penutup, ajang lomba balap sepeda bergengsi Giro d’Italia ini akan kembali menampilkan tanjakan gravel Colle Delle Finestere yang merupakan tanjakan terkenal pada tahun 2018. Ya, tanjakan ini adalah tanjakan yang memberi panggung pada Chris Froome untuk melakukan attack dan juga merampas pimpinan lomba saat ini.

Rute Balap Sepeda Tour de France

Lalu, bagaimana dengan penyelenggaran dan rute Tour de France. Menurut pengumuman dan berita yang beredar. Ajang lomba balap sepeda Tour de France akan dimulai lebih awal dari biasanya yakni pada tanggal 27 Juni 2020. Hal ini dilakukan untuk berkompromi pada ajang balap sepeda yang juga akan diadakan di Olimpiade Tokyo.

Lomba balap sepeda Tour de France 2020 akan dimulai dari selatan prancis di Kawasan kota Nice. Kemudian setelah itu, akan dilanjutkan ke kawasan pegunungan Pyrenees di pekan kedua lomba balap sepeda. Lalu, berakhir ditutup dengan rute petualangan di pegunungan Alps yang ada di pekan ketiga sebelum Etape parade ditutup kembali di Paris.

Tour de France yang memiliki 21 tahapan selama 21 hari memang akan tetap dianggap sebagai lomba balap sepeda yang paling sulit di dunia. Pada umumnya, lomba balap sepeda Tour de France ini akan diikuti hingga 20 sampai 22 tim. Tidak hanya penuh tantangan namun ajang kejuaraan balap sepeda Tour de France ini memang amat sangat menarik.

Sehingga tak heran jika aka nada banyak turis yang akan datang ke Prancis selama musim panas berlangsung baik sebagai peserta Tour de France ataupun sebagai penontoh. Menurut berita setiap tahunnya ada sekitar 12 juta penonton yang menyaksikan secara langsung ajang kejuaraan balap sepeda Tour de France ini.

Tertarik untuk mengikuti kedua ajang kejuaraan balap sepeda ini atau hanya ingin menontonnya. Sekian Terimakasih.​

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *