Perbedaan Sepeda Gunung Pria dan Wanita, Cek Sebelum Menggunakan

Sepeda gunung termasuk salah satu jenis sepeda yang banyak diminati pria dan wanita. Meski sekilas tampak sama, namun ada perbedaan sepeda gunung pria dan wanita yang penting untuk anda pahami sebelum menggunakan. Dengan menggunakan sepeda gunung yang sesuai, maka bersepeda akan terasa lebih aman, nyaman, dan menyehatkan.

Perbedaan Sepeda Gunung Pria dan Wanita

Jika anda sudah tak sabar lagi ingin mengetahui apa saja hal yang membedakan antara sepeda gunung pria dan wanita, anda simak saja ulasan berikut.

Rangka

Salah satu hal yang membedakan sepeda gunung untuk pria dan wanita adalah rangka sepedanya. Perlu untuk anda ketahui, sepeda gunung yang dirancang secara khusus untuk wanita terlihat lebih rendah daripada sepeda gunung pria. Geometri seperti halnya panjang lengan, kaki, dan bahkan sudut sepeda juga berbeda karena disesuaikan dengan posisi wanita.

Ban

Selain rangka, perbedaan sepeda gunung pria dan wanita juga bisa anda lihat dari ban yang digunakan. Dimana hal ini diukur dari ukuran dan berat bannya. Jika dibandingkan dengan sepeda gunung untuk pria, sepeda gunung wanita didesain dengan ban yang berukuran lebih kecil dan ringan.

Tempat Duduk

Bagian tempat duduk atau yang dikenal dengan sebutan sadel ternyata juga menjadi pembeda antara sepeda gunung untuk pria dan wanita. Jika anda memperhatikannya secara detail, sadel pada sepeda gunung wanita berbentuk lebih lebar daripada sadel sepeda gunung untuk pria.

Mengapa Sepeda Gunung Pria dan Wanita Didesain Berbeda?

Setelah anda mengetahui beberapa perbedaan sepeda gunung pria dan wanita, tentu akan terasa lebih lengkap jika anda juga memahami alasan dibalik perbedaan tersebut. Untuk poin rangka, sepeda gunung wanita dibuat lebih rendah karena menyesuaikan dengan tinggi rata-rata wanita. Dengan begitu, wanita bisa lebih mudah dalam mengendalikan sepedanya karena tak perlu mengangkat kaki terlalu tinggi.

Sementara untuk poin ban, hal ini sangat berkaitan dengan kekuatan yang dimiliki wanita. Dengan ban yang kecil dan ringan, tentu wanita tak akan kesulitan dalam mengayuh sepeda. Penggunaan ban yang kecil dan ringan ini pun juga karena menyesuaikan rangkanya yang rendah. Medan jalan yang menanjak, terjal, dan berliku tak akan membuat wanita kesulitan untuk melewatinya.

Lain halnya untuk tempat duduknya. Sadel sepeda gunung wanita dibuat lebar dengan alasan agar lebih nyaman digunakan. Dengan memperhatikan anatominya, tentu wanita bukan hanya akan merasa nyaman, akan tetapi juga menyehatkan tubuh. Berkat sadel yang nyaman dan sesuai, wanita bisa terhindar dari resiko cedera, sakit, ataupun keluhan lainnya saat bersepeda.

Pada dasarnya, adanya perbedaan sepeda gunung pria dan wanita bertujuan untuk memudahkan dalam bersepeda. Dengan menggunakan sepeda yang tepat, bersepeda akan terasa menyenangkan dan bermanfaat pastinya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *